YoRipe_logo_icon_black

YoRipe Everyday Hero Untuk Indonesia Part 2

Melawan Stereotip Negatif Pada Perempuan Dengan Keberanian

Rr. Nurindah Wiji Sejati (@undainuri)

Ibu Rumah Tangga, Government Employee, dan Food Content Creato

Faiza Ulil Abshar (@zshfa)

Ibu Rumah Tangga dan Food Content Creator

Rika Rizki (@rika_rizki)

Ibu Rumah Tangga dan Food Content Creator

Najla Elmo Nabila (@najlaelmonabila)

Ibu Rumah Tangga dan Food Content Creator

👋 Hello cooking and baking lovers!

Kembali lagi bersama YoRipe dalam rangkaian cerita #YoRipeEverydayHero . Di artikel pertama, kita udah bahas mengenai cerita inspiratif para mama yang super aktif melalui kreatifitas yang mereka miliki. Di artikel kedua ini kita akan bahas mengenai sebuah stereotip pada perempuan nih guys! Kalian pernah gasih dengar kata-kata yang menyatakan bahwa wanita karir itu gabisa ngurus rumah? atau wanita itu ga usah berpendidikan tinggi karena ujung-ujungnya bakal diam dirumah dan mengurus keluarga? 

Di artikel kali ini, ada cerita inspiratif dari creators kita yang mencoba mendobrak stereotip negatif pada perempuan nih. Kita juga mau rekomendasiin Resep dari para wanita hebat ini seperti Bakwan Pontianak dan Candil Labu Kuning. Untuk lebih lanjut, yuk simak kisah mereka!

Pertama, ada Rr.Nurindah asal Bekasi atau biasa dikenal undainuri. Inspirasi memasaknya datang dari sang ibu dan juga hobi nya dahulu yang senang mengumpulkan resep dari majalah jadul. Salah satu resep jadul & enak yang ia buat adalah Resep Iga Gongso Semarang. Undainuri ini adalah seorang Ibu pekerja yang pernah mendapatkan stereotip negatif dari lingkungannya nih guys.. karena undainuri ini seorang pekerja, ada orang-orang yang sempat meragukan kemampuannya dalam urusan rumah tangga. Menurut undainuri, memang ketika di kantor dia merasa agak sedikit maskulin karena lingkungan departemen tempat ia bekerja kebanyakan laki-laki, tetapi sesungguhnya dirumahlah dia selalu ingin menunjukan sisi feminim nya dengan menjadi seorang ibu dan istri seutuhnya. Hal itu dia buktikan dengan kemampuannya dalam membuat menu spesial untuk keluarga, menemani anak belajar dan mengurus orang tua dengan sangat telaten. Sebelum bergabung dengan YoRipe, dia memasak sesuai kebutuhan saja. Tapi.. Setelah bergabung dengan YoRipe, dia mulai mencoba cooking dan baking yang lebih kreatif lho supaya orang-orang dirumah juga senang karena ada menu yang baru dan ga biasa! Kalian bisa banget nih cek resep undainuri di aplikasi kami dan kepoin keseharian nya di Instagram nya.

❤️ Setelah bergabung dengan YoRipe, dia mulai mencoba cooking dan baking yang lebih kreatif lho supaya orang-orang dirumah juga senang karena ada menu yang baru dan ga biasa!

Selanjutnya ada Faiza Ulil Abshar asal Tangerang. Dahulunya, Faiza adalah seorang wanita karir yang seringkali dianggap ga bisa mengurus pekerjaan rumah termasuk memasak. Tetapi faiza berusaha dan memutuskan berhenti menjadi wanita karir untuk mengubah stereotip tersebut dengan menampilkan versi baru dari diri nya dengan berkarir dari rumah. Itu adalah sebuah keberanian yang luar biasa bagi Faiza. Karena memberikan yang terbaik untuk keluarga dan membuat mereka bahagia adalah yang terpenting bagi Faiza.. 3 poin penting menurut Faiza adalah belajar, menekuninya dan terus berkarya. Karena dia yakin kemampuan dia ada dalam hal tersebut (khususnya memasak). Faiza juga ingin memberikan inspirasi dan juga dorongan kepada wanita diluar sana bahwa seorang wanita yang berkarir itu pasti bisa menjadi wanita yang dapat mengerjakan pekerjaan wanita pada umumnya. Seorang wanita sudah pasti tiidak akan melupakan kodratnya sebagai wanita. Yang terpenting adalah kemauan untuk belajar. Trial dan error dalam hidup itu biasa, yang terpenting adalah selalu semangat dan bersabar.

👨‍👩‍👧 Karena memberikan yang terbaik untuk keluarga dan membuat mereka bahagia adalah yang terpenting bagi Faiza.

Ketiga, ada Rika Rizki Umami asal Malang. Memasak adalah sebuah refreshing untuk nya saat ini karena dulu dia ga suka memasak sama sekali lho! Orang-orang pun memiliki pandangan aneh pada Rika karena “mengapa seorang perempuan tidak suka hal itu?”. Rika menyampaikan bahwa sebetulnya hal itu adalah preferensi pribadi, setiap orang berhak memilih, tetapi setiap orang pasti akan berubah sesuai kondisi yang dialaminya. Sampai akhirnya ketika dia menikah dan punya anak, suami nya menyarankan dia untuk belajar membuat makanan pengganti asi (MPASI). Dari situlah, Rika terus belajar dan belajar sampai bisa untuk membuat menu baru untuk anak, suami dan keluarga tercinta. Sekarang Rika sudah membuktikannya, dan ini ada resep spesial buatan Rika untuk kalian Resep Sate Kuah Tangkar . Tujuan dia membagikan karya masakannya adalah karena dia ingin memberi motivasi kepada orang lain dan menjadikan dirinua sebagai contoh, “Rika aja bisa lho yang dulunya ga ngerti perdapuran ga ngerti masak, kamu juga pasti bisa kalau mau belajar” , begitulah pesan Rika untuk para perempuan yang sedang belajar memasak. Rika juga pernah dijadikan Host untuk #NusantaraCuisineCompetition di YoRipe,  dia sangat beruntung sekali bisa memberikan mereka inspirasi masakan sehingga orang-orang yang mengikuti kompetisi tersebut dapat berkreasi.

💪 "Rika aja bisa lho yang dulunya ga ngerti perdapuran ga ngerti masak, kamu juga pasti bisa kalau mau belajar"

Terakhir ada Najla Elmo Nabila asal Tangerang, Cita-cita nya dari usia 10 tahun adalah ingin bisa masak, menjadi chef. Tetapi orang tua tidak mendukung nya saat itu. Dia ingin masuk sekolah tata boga dan perhotelan tetapi tidak diizinkan karena menurut orangtua, sekolah tersebut umumnya untuk laki-laki saja. Sampai akhirnya saat itu dia harus mengenyam pendidikan di bidang kesehatan. Tetapi atas izin Allah, setelah Najla menikah dan memutuskan menjadi Ibu Rumah Tangga, dia bisa merangkul lebih dekat cita-cita nya saat usia 10 tahun, karena dia jadi memiliki banyak waktu untuk memasak, mengkreasikan ide melalui makanan untuk keluarganya dan dirinya sendiri itu adalah kebahagiaan terbesar untuk Najla karena akhirnya dia bisa merasa menjadi dirinya sendiri. Ini ada Resep Roti buatan Najla yang lagi hitz banget Bubble Bread Merah Putih dan minuman yang kayaknya cocok banget nih dinikmati pas Bulan Puasa yaitu Es Kelapa Cocopandan Carica .

YoRipe Team

Gimana nih cerita inspiratif mereka? Ada kesamaan juga ga dengan cerita pribadi kamu? Semangat terus ya untuk para perempuan yang ingin mengubah stereotip tersebut menjadi sebuah hal yang positif. Semoga cerita mereka bisa menjadi inspirasi untuk kamu. Ingat ya, Semua perempuan itu hebat!! Mau tau cerita selengkapnya dari para Creators dalam #YoRipeEverydayHero lainnya yang ga kalah seru dan menginspirasi? Stay tuned dan jangan lupa kunjungi web app kami ya di web.yoripe.com

teacup with tea
Indonesia

3 Minuman Hangat Saat Hujan

Bulan November adalah bulan yang memasuki musim penghujan di Indonesia. Makanan atau minuman hangat menjadi salah satu alternatif pilihan Anda. Kali ini, YoRipe akan membagikan …

Read More →
food cold wood coffee
Indonesia

5 Resep Bersantan khas Indonesia

Santan merupakan salah satu bahan makanan yang sering kita temui dalam resep-resep khas Indonesia. Cita rasa santan yang gurih memberikan kenikmatan tersendiri dalam suatu sajian. …

Read More →
Indonesia

3 Resep Nasi Goreng Mudah dan Simple

Nasi goreng adalah salah satu sajian yang dapat Anda konsumsi baik saat pagi hari, siang hari, bahkan malam hari. Olahan nasi yang satu ini memiliki …

Read More →
Indonesia

5 Sajian Pedas khas Indonesia

Tidak semua masakan tradisional sulit untuk dibuat kok! Anda tetap bisa membuat 5 sajian pedas khas Indonesia dengan mudah dari dapur Anda.

Read More →
Indonesia

My Family, My Support System!

Di artikel part 12 ini yang juga part terakhir dari rangkaian cerita YoRipe Everyday Hero, kita akan berbagi cerita tentang creators bersama keluarganya yang super suportif. Yuk deh, mending kita simak cerita creators kita dibawah ini! 😀

Read More →
Indonesia

Lestarikan Menu Tradisional Indonesia Melalui Media Sosial

Di artikel part 11 ini, kita akan berbagi cerita para creators yang sangat cinta terhadap makanan tradisional Indonesia. Untuk lebih lanjut, Yuk cari tahu cerita Hida dan teman-teman Creator lainnya!

Read More →